Bagaimana kita memperbaiki edukasi dibidang sains/IPA?

Jika ada pertanyaan, bagaimana kita memperbaiki edukasi dibidang sains/IPA?

Jawabnya adalah biarkan anak-anak membuat robot atau roket sesuai kreasi dan imajinasi mereka, sebagai ganti dari menjawab soal-soal tes IPA.

Ya, mempelajari suatu hal bukan hanya sekedar mempelajari teori dan menghafal. Tetapi bisa dengan membuat sesuatu. Learning by doing, learning by making.

Cara ini akan mengajak anak-anak untuk berpartisipasi dalam proses edukasi, bukan hanya dengan menjadi konsumsi edukasi. Mereka akan menjadi seorang “pembuat” atau “penemu” dalam kehidupan edukasi mereka, sehingga anak akan diarahkan untuk menjadi lebih mandiri. Semakin seringnya anak membuat sesuatu, keuntungan yang didapat adalah anak menjadi lebih kreatif untuk menemukan dan membuat hal baru. Dapat mengeksplorasi kehidupan di sekitar mereka, sehingga anak lebih peka terhadap sekitar.

Suatu saat, mereka pasti akan berpartisipasi dalam menemukan hal baru dengan mengandalkan kreatifitas dan cara berpikir kritis seperti Steve Job.

Contoh beberapa bentuk aktifitasnya ada pada artikel ini :

http://www.slate.com/articles/technology/future_tense/2012/06/maker_faire_and_science_education_american_kids_should_be_building_rockets_and_robots_not_taking_standardized_tests_.html

Kutipan dari Marie Curie (peraih Nobel Prize in Chemistry)

“Saya termasuk orang yang berpikir bahwa sains memiliki keindahan yang luar biasa. Seorang ilmuwan di laboratorium bukan hanya seorang teknisi: ia juga laksana seorang anak yang dihadapkan pada fenomena alam yang membuatnya terpesona seperti sebuah dongeng. Kita sebaiknya tidak membiarkan pandangan umum yang mempercayai bahwa semua kemajuan sains dapat direduksi menjadi mekanisme dan mesin, meski dunia permesinan juga memiliki keindahan sendiri.
Saya juga tidak percaya bahwa semangat petualangan terancam punah di dunia kita. Apabila saya melihat apapun yang vital di sekitar saya, itu adalah semangat petualangan, yang tampaknya takkan memudar, seperti halnya rasa penasaran.”

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s