Bagaimana mengajar anak-anak untuk menyukai sains (IPA)

Ini adalah kisah inspiratif dari seorang guru IPA keturunan Jepang-Prancis berbagi cerita tentang bagaimana dia mengajarkan IPA pada anak-anak sekolah di Harbour School, Hongkong.

Awalnya, dia hanya mengubah kelas IPA menjadi industri sains kecil-kecilan dengan melakukan semacam workshop kimia, biologi, bahkan membuat suatu inovasi dari kayu maupun bahan metal. Yang dia lakukan hanya membiarkan murid-muridnya untuk berimajinasi sesuka hati, kemudian dia mengumpulkan berbagai ide mereka dan menggabungkan ide-ide terbaik tersebut menjadi suatu inovasi yang benar-benar dapat diaplikasikan. Akhirnya mereka pun bersama-sama membuat prototype. Setiap inovasi yang mereka buat dimasukkan dalam website supaya ada seseorang yang dapat membuat inovasi tersebut menjadi lebih baik lagi.

Hal yang menarik adalah, suatu ketika anak-anak melihat berita dan begitu kaget mengetahui bahwa ada anak-anak dari Bangladesh mengkonsumsi air yang tidak layak. Akhirnya mereka membuat sebuah proyek kecil-kecilan untuk mengirimkan alat buatan mereka berupa sensor untuk mendeteksi air bersih ke Bangladesh.
Dengan edukasi sains seperti ini kita juga dirangsang untuk memecahkan masalah di sekitar kita dan menumbuhkan rasa empati terhadap sesama.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s